Perwakilan dari Business Development PT Infokes Indonesia, pergi Kembali ke Jambi, pada tanggal 10 November 2022. kali ini dalam rangka melaksanakan pelatihan dalam penggunaan aplikasi ePuskesmas. Perjalanan ke Jambi ini untuk mengunjungi beberapa kota dan kabupaten sekaligus, diantaranya Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, dan wilayah Batang Hari.
Wilayah pertama yang dikunjungi adalah Kabupaten Kerinci, dimana di wilayah ini memiliki jumlah puskesmas sebanyak 18 puskesmas dan menjadi pengguna baru ePuskesmas yang sedang menjalani pelatihan. Lalu ada wilayah tetangga dari Kerinci yaitu Kota Sungai Penuh yang memiliki 11 puskesmas yang juga baru bergabung menggunakan ePuskesmas.
ePuskesmas sendiri merupakan sistem informasi Kesehatan(SIK) yang mampu untuk memberikan kemudahan dalam rekam medis elektronik yang dituntut pemerintah melalui Permenkes No. 24 Tahun 2022. Selain itu sudah terintegrasi dengan aplikasi lain seperti PCare BPJS dan SATUSEHAT.
Berbeda dengan pendampingan yang melaksanakan ke tiap poli yang berada di puskesmas. Kegiatan pelatihan berlangsung dengan mengumpulkan perwakilan puskesmas dan Sebagian perwakilan polinya di satu tempat untuk diadakan transfer pengetahuan tentang bagaimana cara menggunakan dan memaksimalkan fitur yang dimiliki oleh ePuskesmas.
Untuk pelatihan pertama yang diadakan di Kab. Kerinci mampu terlaksana dengan baik, dan bahkan memunculkan optimisme dari rekan-rekan puskesmas dan dinas kesehatan terhadap pemanfaatan ePuskesmas. Mereka pun berharap dengan penggunaan aplikasi ini mampu menjawab kebutuhan dinkes dan puskesmas di Kab. Kerinci dalam pemenuhan rekam medis elektronik.
Selanjutnya hal yang sama dialami oleh dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh yang dimana setelah dengan baik agenda pelatihan berjalan lancar, petugas tampak semangat dengan hadirnya ePuskesmas di kota Sungai Penuh karena mampu memberikan beragam kemudahan.
Hal-hal positif diatas yang membuat kami, PT Infokes senantiasa semangat mengembangkan dan maintaining setiap produk kami bahkan selalu sedia dalam 24/7 untuk melayani setiap pengguna. Demi memenuhi kebutuhan setiap fasilitas Kesehatan di Indonesia untuk menerapkan pelayanan prima dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan.
Rafiali M, Aru.