Salah satu aplikasi andalan Infokes yang bergerak dalam manajemen pengelolaan klinik yaitu eClinic NG, mendapatkan perhatian di bulan desember ini. Hal tersebut ditandai dengan kunjungan lapangan ke beberapa klinik hingga RSUD yang tertarik mengadopsi sistem eClinic.
Aplikasi eClinic sendiri berfungsi untuk manajemen dan administrasi pasien yang datang ke klinik yang berbasis Cloud Computing. Aplikasi ini dapat membantu mulai dari pendaftaran sampai kepulangan pasien, ditambah dengan fitur untuk laporan operasional yang dapat disesuaikan dengan masing-masing kebutuhan klinik.
Dimulai dari RSUD Parung, Kab. Bogor yang pada saat tulisan ini dibuat sedang dalam tahap pembangunan. Pihak RSUD tertarik dalam mengadopsi aplikasi eClinic untuk di rumah sakit tersebut nantinya. Sehingga pihak Infokes di undang berkunjung pada tanggal 8 Desember 2022 dan melaksanakan diskusi langsung dengan perwakilan RSUD.
Kegiatan kunjungan tersebut juga merupakan kegiatan analisa kebutuhan untuk RSUD Parung Bersama dinas kesehatan Kab. Bogor. Dalam proses diskusi pihak dinas kesehatan tertarik untuk mengimplementasikan eClinic dan meminta agar surat penawaran segera dibuatkan. Sehingga saat RSUD rampung implementasi eClinic dapat langsung dijalankan.
Lalu ada pula kunjungan ke klinik Seno Medika di tanggal 9 Desember, yang merupakan salahsatu klinik ternama di Bandung dalam agenda evaluasi. Evaluasi di klinik Seno Medika meliputi penggunaan dan alur input data. Kegiatan ini berjalan dengan lancar, karena beberapa kasus kendala dan pertanyaan telah terselesaikan dan mampu disimulasikan langsung dengan petugas klinik.
Selanjutnya ada kunjungan ke klinik Az-Zahra pada tanggal 13 Desember yang berada di Kota Tangerang, Banten. Kunjungan tersebut untuk agenda verifikasi pembinaan dan pengawasan perizinan dan registrasi FKTP di klinik terpilih se-kota Tangerang.
Klinik pratama Az-Zahra terpilih untuk agenda ini, dan merupakan salah satu pengguna setia eClinic. Sehingga pendampingan dari pihak Infokes pun dilakukan. Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan kementrian kesehatan, dinas kesehatan provinsi Banten dan dinas kesehatan kota Tangerang.
Respon dari pihak yang hadir sangat baik terhadap eClinic, mereka melihat penggunaan aplikasi mulai dari pendaftaran sampai ke kasir hingga fitur antrian. Adapun beberapa masalah yang dialami selama ini sudah mampu terjawab dengan penggunaan aplikasi eClinic. Hal ini menghasilkan respon positif bagi kami.
Baca informasi tentang eClinic lainnya disini!
-Rafiali Makarim, Aru