Perwakilan dari Business Development PT Infokes, pergi Kembali ke Jambi, di akhir tahun pada 28 Desember 2022, selama beberapa hari. Dengan agenda utama untuk melaksanakan instalasi dan pelatihan mesin antrian.
Tetapi dalam perjalanannya tim kami juga meninjau kesiapan dalam implementasi ePuskesmas yang baru saja secara resmi di kontrak pada Hari Kesehatan Nasional 12 September lalu.
Pada tanggal 28 desember, perwakilan kami mengunjungi dinas Kesehatan Batang Hari untuk melakukan diskusi juga sedikit sosialisasi lanjutan mengenai penggunaan ePuskesmas juga integrasinya dengan aplikasi lain.
Selain itu terjadi juga pembahasan akan kesiapan keseluruhan puskesmas dalam menggunakan ePuskesmas. Pihak dinas Kesehatan juga terlihat antusias untuk segera menggunakan ePuskesmas.
Penggunaan ePuskesmas sendiri di Batang Hari merupakan kebutuhan akan sistem informasi Kesehatan (SIK) yang mampu untuk memberikan kemudahan dalam rekam medis elektronik yang dituntut pemerintah melalui Permenkes No. 24 Tahun 2022. Selain itu sudah terintegrasi dengan aplikasi lain seperti PCare BPJS dan SATUSEHAT.
Selanjutnya di hari berikutnya adanya kunjungan ke Puskesmas Leban, dimana kegiatan yang dilangsungkan tidak jauh berbeda dengan kegiatan di kantor dinas. Kegiatan ini diikuti oleh kepala puskesmas dan perwakilan tiap poli.
Dimana respon puskesmas menjadi lebih tertarik dan merasa terbantu dengan adanya ePuskesmas yang nantinya secara bertahap digunakan di awal januari sembari ePuskesmas melakukan bridging dengan BPJS Batang Hari.
Selanjutnya di Puskesmas Sungai Rengas Kab. Batang Hari telah dilaksanakan pelatihan eAntrian. Sayangnya saat pelatihan perangkat mesin Kiosk masih belum sampai, sehingga pelatihan harus disimulasikan. Walaupun begitu, rekan-rekan puskesmas tetap antusias mengikuti.
Dalam proses pelatihan ini, rekan di puskesmas juga tertarik menggunakan aplikasi Klinisia Mobile sebagai salah satu penunjang pelayanan untuk mempermudah dalam mengatasi antrian dan konsultasi dengan dokter melalui video.
Rafiali M, Aru