4 Fokus Utama Transformasi Pelayanan Kesehatan Primer

4 Fokus Utama Transformasi Pelayanan Kesehatan Primer

Pelayanan Kesehatan Primer dilakukan dengan mendukung inovasi dan pemanfaatan teknologi serta meningkatkan upaya promotif dan preventif. World Health Organization (WHO) menyarankan pendekatan kesehatan primer (PHC) dengan tiga strategi utama: integrasi pelayanan kesehatan primer individu dan masyarakat; pemberdayaan individu dan masyarakat; serta kebijakan dan tindakan multi sektor. 

6 Pilar Transformasi Layanan Primer 

Kementerian Kesehatan menggulirkan transformasi sistem kesehatan. Terdapat 6 pilar transformasi sistem kesehatan sebagai penopang kesehatan Indonesia yaitu: 

  1. Transformasi pelayanan kesehatan primer; 
  2. Transformasi pelayanan kesehatan rujukan; 
  3. Transformasi sistem ketahanan kesehatan; 
  4. Transformasi sistem pembiayaan kesehatan; 
  5. Transformasi SDM kesehatan; dan 
  6. Transformasi teknologi kesehatan.

Tujuan dari pilar prioritas pertama ini adalah untuk menata kembali pelayanan kesehatan primer yang ada. 

Baca juga: 6 Pilar Transformasi Kesehatan Penopang Kesehatan Indonesia

4 Fokus Utama Transformasi Pelayanan Kesehatan Primer 

Pilar pertama transformasi kesehatan Indonesia adalah Transformasi Layanan Jesehatan Primer. Implementasi ini berfokus pada peningkatan aktivitas promotif dan preventif untuk mendorong lebih banyak orang menjadi lebih sehat, meningkatkan skrining kesehatan, dan meningkatkan kapasitas layanan primer. Pada pelaksanaannya, fokus utama tersebut dapat dijabarkan menjadi 4 hal:

  1. Edukasi Penduduk, yaitu dengan melakukan penguatan peran kader, kampanye, dan membangun gerakan, menggunakan platform digital dan tokoh masyarakat.
  2. Pencegahan Primer, dilakukan dengan melakukan penambahan imunisasi rutin menjadi 14 antigen dan perluasan cakupan di seluruh Indonesia.
  3. Pencegahan Sekunder, yaitu dengan melakukan skrining 14 penyakit penyebab kematian tertinggi di tiap sasaran usia, skrining, stunting, & peningkatan ANC untuk kesehatan ibu dan bayi.
  4. Meningkatkan Kapasitas dan Kapabilitas Layanan Primer, dengan melakukan revitalisasi network dan standarisasi pelayanan di Puskesmas, posyandu, dan kunjungan Rumah.

Integrasi Pelayanan Kesehatan Primer adalah pendekatan baru yang berfokus pada kebutuhan layanan di setiap siklus kehidupan dan terintegrasi di seluruh tingkatan fasilitas pelayanan kesehatan. Pendekatan ini ke depannya akan melibatkan Puskesmas, unit pelayanan kesehatan di desa atau kelurahan yang juga dikenal sebagai Puskesmas Pembantu dan Posyandu, dan juga akan melibatkan seluruh fasilitas kesehatan

 

Aru/

Referensi:

1 komentar untuk “4 Fokus Utama Transformasi Pelayanan Kesehatan Primer”

  1. Pingback: Manajemen Puskesmas dalam Integrasi Layanan Primer

Komentar ditutup.

Scroll to Top