Infokes dalam rangka pengembangan kualitas pelayanan di unit kesehatan masyarakat di Indonesia. Giat penuhi agenda-agenda baik pendampingan, pelatihan, evaluasi, dan sosialisasi. Agenda tersebut berjalan rutin bulan Mei 2023 ini. Salah satu aplikasi andalan infokes indonesia yakni aplikasi eClinic menjadi aplikasi beneficial yang sering memenuhi berbagai agenda, baik itu online maupun offline.
Selanjutnya Agenda tersebut dilakukan demi pengembangan kualitas sistem informasi kesehatan yang ada di unit kesehatan masyarakat di Indonesia. Hal tersebut diberikan merata kepada Puskesmas, Posyandu, Klinik, dan unit kesehatan masyarakat lainnya.
Pada Selasa, (16/05/2023) kemarin, perwakilan Infokes melipir ke beberapa daerah untuk pemenuhan agenda sosialisasi dan pelatihan aplikasi penggunaan eClinic. di Kota Mataram, dua perwakilan Infokes mengisi Sosialisasi mengenai aplikasi eClinic untuk klinik-klinik yang tertarik untuk menggunakan eClinic. Selanjutnya dilakukan pertemuan dengan Dinas Kesehatan Lombok Barat dalam agenda diskusi penggunaan aplikasi eClinic.
Diskusi tersebut menutur pada kesepakatan Dinkes Lombok Barat untuk segera memakai aplikasi eClinic. Diskusi tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan beserta jajarannya secara langsung.
Aplikasi eClinic merupakan Sistem Informasi Manajemen Klinik berbasis web dan seluler. Digunakan untuk memonitoring dan membantu aktivitas pelayanan serta manajemen klinik sebagai Unit Kesehatan Masyarakat. Mulai dari pendaftaran, pelayanan poli, pemberian resep, dan transaksi pembayaran. eClinic sudah terintegrasi denan BPJS Kesehatan dan SATUSEHAT.
Di tempat yang lain, pelatihan dan sosialisasi pun dilakukan. Di Klinik Az-Zahra Tangerang digelar pelatihan eClinic oleh dua perwakilan, dan satu orang untuk pihak. Sedangkan di Klinik Pratama dan Klinik Utama Mahessa Garut, digelar sosialisasi.
“Alhamdullillah semua kebutuhan klinik sudah tercover di eclinic. Dan pihak klinik utama juga akan ikut bantu dalam melengkapi modul spesialis seperti bedah dan mata,” ujar Muhammad Azhar, perwakilan infokes yang bertugas.
Azhar berkesan bahwa kegiatan tersebut membuka jalan bagi klinik-klinik yang ada di Indonesia untuk segera bertransisi ke pelayanan kesehatan yang berbasis digital. Menurutnya banyak kemudahan yang akan didapat ketika unit kesehatan masyarakat aware akan hal tersebut. Bahkan dua klinik ingin secepatnya mengimplementasikan eCinic dikliniknya.
ECLINIC SUDAH SESUAI STANDAR KEMENTRIAN KESEHATAN RI (PERMENKES N0.24/2022 TENTANG REKAM MEDIS ELEKTRONIK).
eClinic menjadi sebuah persembahan dari Infokes, hadir sebagai media yang dapat membantu Unit Kesehatan Masyarakat dalam memudahkan pelayanan kesehatan, Setelah melewati beberapa perubahan, kini akhirnya eClinic sudah sampai pada generasi baru (New Generation) dengan banyak fitur-fitur terbaru dan update yang dapat lebih memudahkan penggunaan usernya.
Aru/