Menuju pertengahan sampai akhir bulan Juli 2023 ini, Infokes masih intens dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di masyarakat. Sistem Informasi Kesehatan ePuskesmas dari Infokes yang sekarang sudah terbarukan kembali digencarkan ke Puskesmas-puskesmas yang ada di Indonesia. Menutur pada hal tersebut, Infokes senantiasa konsisten dan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada berbagai pihak.
Seperti pada tanggal 20 Juli hingga 26 Juli kemarin. Sebanyak empat tim Business Development berangkat menuju wilayah yang berbeda yakni Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Lampung dengan agenda yang berbeda-berbeda pula.
ePuskesmas di Jawa Barat
Di Jawa Barat pada 20 Juli 2023 kemarin, Tim Infokes melipir ke Kabupaten Karawang dalam agenda sosialisasi penggunaan aplikasi ePuskesmas. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Puskesmas Nagasari dan Puskesmas Karawang Kota. Hasilnya pihak Puskesmas tertarik dengan aplikasi ePuskesmas. Selanjutnya hal tersebut akan disampaikan ke Dinkes oleh Kapus dan perwakilan Puskesmas yang hadir mendorong dinkes agar bisa segera bekerjasama. Adapun pihak Puskesmas meminta agar aplikasi ePuskesmas bisa integrasi dengan aplikasi Sadata dari provinsi Jawa Barat.
Selain itu, di Kabupaten Bandung, pelatihan penggunaan aplikasi ePuskesmas telah selesai diselenggarakan. Pelatihan tersebut mengajak seluruh puskesmas se-Kab. Bandung Barat. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari pada 25 Juli 2023 tersebut berlangsung kondusif, para peserta antusias dan kendala-kendala yang ada ketika praktik dilakukan dapat teratasi.
ePuskesmas di Nusa Tenggara Barat
Selanjutnya, pada Agenda di Nusa Taenggara Barat tim Infokes mengunjungi ke puskesmas Karang Taliwang Kota Mataram dalam rangka pelatihan eAntrian ePuskesmas. Kegiatan tersebut selesai pada 25 Juli 2023 kemarin.
eAntrian merupakan manajemen antrian yang dapat membantu unit kesehatan masyarakat. Seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, dan lain-lain,agar dapat memudahkan aktivitas registrasi pasien. eAntrian dalam praktiknya nanti akan tertera pada mesin anjungan produk infokes yang dinamakan KIOSK dan Mini KIOSK
Selanjutnya, eAntrian juga dapat membantu meminimalisir antrian pasien di loket pendaftaran. Pasien yang berkunjung dapat langsung daftar ke poli secara langsung dengan menggunakan aplikasi eAntrian dengan mesin anjungan: KIOSK hanya dengan scan kartu asuransi ataupun kartu berobat pasien.
ePuskesmas di Lampung
Agenda yang digelar di luar Pulau tidak hanya terhenti di Nusa Tenggara Barat. Di tanggal yang sama yakni 25 Juli 2023, Perwakilan tim Infokes mengunjungi Lampung Selatan untuk menggelar Pelatihan ePuskesmas untuk se-Kab. Lampung Selatan. Kegiatan tersebut mengumpulkan perwakilan Puskesmas untuk belajar mengenai apa itu ePuskesmas. Kegiatan berjalan lancar, seluruh peserta antusias.
Dalam dua hari tersebut, Infokes bersama perwakilan puskesmas juga gelar diskusi dan evaluasi untuk membahas serta menyelesaikan kendala-kendala apa saja yang dialami ketika demo.
Tidak jauh berbeda dengan eAntrian, ePuskesmas merupakan sistem aplikasi pelayanan pasien puskesmas yang memiliki system cloud computing. Sehingga ePuskesmas mampu diakses di beragam perangkat bermodalkan akses internet.
“ePuskesmas dalam misinya hadir di setiap provinsi untuk membantu melaksanakan transformasi dalam manajemen pelayanan dan pencatatan rekam medis secara digital. Sehingga tercipta peningkatan dalam taraf pelayanan Kesehatan,” ujar Apris, petugas Infokes.
Aru/