Infokes sebagai perusahaan teknologi informasi, gencar kenalkan produknya ke berbagai pihak kesehatan. Sebuah sistem pelayanan kesehatan basis digital milik Infokes, yakni ePuskesmas sudah banyak dipakai oleh Fasyankes dalam aktivitas pelayanan kesehatan. Sampai saat inipun Infokes masih giat bagikan awarness mengenai sistem RME tersebut sepanjang tahun, hal tersebut dapat dilihat dari adanya agenda dimana tim Infokes berangkat menuju beberapa daerah seperti Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan ke daerah Sumatera Barat, Sulawesi, dan daerah lainnya untuk mengunjungi Dinas Kesehatan serta pihak-pihak di lingkup kesehatan.
Kegiatan tersebut dimulai sejak awal November 2023 dan masih berlanjut hingga sekarang. Petugas Infokes yang berangkat, pada pelaksanaannya mengunjungi dan diundang Dinas Kesehatan untuk menggelar kegiatan implementasi sistem Rekam Medis Elektronik guna dipakai oleh Fasyanakes.
Sistem Informasi Kesehatan ePuskesmas dari Infokes menjadi salah satu sistem yang digencarkan ke Puskesmas-puskesmas yang ada di Indonesia. Pengimplementasian sistem tersebut menutur pada PERMENKES NO 24 mengenai kewajiban Fasyankes menggunakan Sistem Rekam Medis Elektronik. ePuskesmas sendiri merupakan sistem aplikasi pelayanan pasien puskesmas yang memiliki system cloud computing. Sehingga ePuskesmas mampu diakses di beragam perangkat bermodalkan akses internet.
Infokes di Jawa Timur
Dinkes Kota Surabaya, Dinkes Kota Pasuruan, dan Dinkes Provinsi Jatim menjadi destinasi yang dikunjungi oleh tim Infokes dalam penyampaian informasi mengenai ePuskesmas sebagai Sistem Rekam Medis Elektronik. Ketiga Dinkes tersebut menyambut baik kedatangan Infokes. Audiensi yang dilakukan menyangkut implementasi Simpus untuk efektifkan aktivitas pelayanan kesehatan pasien.
Infokes di Kalimantan
Di Kalimantan, Tim Infokes kunjungi Dinkes Kota Banjarbaru, bertemu dengan Kadis, Sekdis, Kasubbag Perencanaan dan Kabid Yankes serta seluruh masing-masing perwakilan puskesmas. Sistem ePuskesmas kemudian menjadi bahasan yang diberikan oleh tim Infokes. Sedikitnya ada 10 Puskesmas yang akan beralih dari sistem sebelumnya ke ePuskesmas.
Selanjutnya Sosialisasi ePus dan SATUSEHAT di Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin juga dilakukan. Dihadiri oleh perwakilan Dinkes Provinsi, Sekdis Kota Banjarmasin, dan Kasubbag Perencanan, Pembahasan mengenai sistem RME dan SATUSEHAT menghasilkan kesepakatan dari Sekdis bahwa menyatakan seluruh puskesmas di Banjarmasin siap untuk menggunakan aplikasi ePuskesmas dan akan dilakukan percepatan data pelanggan serta MoU untuk seluruh Puskesmas di Kota Banjarmasin.
Infokes di Kalimantan
Di Sulawesi, tim dikirimkan dua petugas untuk menyukseskan agenda kunjungan ke pihak kesehatan. Dinkes kota Kendari dan Dinkes Provinsi Sulawesi Tenggara setelah audensi dilakukan mengemukakan ketertarikannya atas ePuskesmas, dan akan ada agenda lanjutan untuk merealisasikan implemetnasi sistem tersebut. Sementara itu, di Sulawesi Utara, Infokes sosialisasikan sistem RME kepada beberapa DInkes yang hadir pada agenda audiensi, Dinkes tersebut antara lain:
– Dinkes Kab Kepulauan Tanah Laut
– Dinkes kab Minahasa Selatan
– Dinkes Kota Mobagu
– Dinkes Kota Tomohon
Infokes di Sumatera
Pada agenda di Pulau Sumatera, Tim Infokes yang terpusat di Sumatera Utara kunjungi Dinkes Kabupaten Pasahan, Dinkes Kota Pematang Siantar dan Dinkes serta Puskesmas se Kabupaten Humbang Hasundutan. Sosialiasasi mengenai ePuskesmas yang sebelumnya digencarkan mendapatkan hasil yang cukup baik. Dinkes Kabupaten Asahan bersama 30 Puskesmasnya segera bergabung dengan Infokes untuk implementasikan sistem RME ePuskesmas.
Pada waktu yang sama, tim lain yang berada di Lampung pun gelar audiensi dengan Dinkes Kab Pringsewu dan Kab Pesawaran. Dalam prosesnya, tim memaparkan apa itu ePuskesmas dan mengapa harus memakai sistem tersebut dalam implementasi pelayanan kesehatan pasien. Hasilnya Dinkes Kab Pringsewu tertarik dengan positif untuk memakai ePuskesmas.
Kegiatan tersebut merupakan bentuk komitmen Infokes dalam misi implementasi RME untuk layanan kesehatan digital yang lebih baik. Pun dalam pelaksanannya selalu memberikan pelayanan after sales yang maksimal.
Aru/
Selamat siang, kami minta dikirimin brosur penawarannya e Puskesmas…