Dalam rangka pemenuhan agenda pengembangan produk Infokes, Tim Bussiness Development Infokes Indonesia mengirimkan perwakilannya beberapa daerah di Indonesia, tepatnya ke tiga Dinas Kesehatan di wilayah yang berbeda meliputi Dinkes Kabupaten Majalengka, Dinkes Provinsi Sumatera Utara, dan Dinkes Kabupaten SIntang. Agenda tersebut berjalan dua hari terhitung sejak Selasa (4/04/2023) sampai hari Kamis (6/04/2022) lalu.
Pertemuan dengan Dinas Kesehatan tersebut dimaksudkan untuk berdiskusi membahas rencana sekaligus evaluasi sistem pelayanan masyarakat unit kesehatan yang ada di masing-masing wilayah.
Seperti di Dinkes Kabupaten Majalengka, bertemu dengan Sekdis dan Kadis Dinkes. Hsil diskusi ini Dinkes Kab Majalengka inginkan ada evaluasi di bulan Syawal untuk membahas lebih detail mengenai manfaat eDinkes dan kegunaannya. Hal tersebut terjadi karena eDinkes memiliki pengelolaan laporan belum di gunakan oleh Dinkes Kab Majalengka. Dinkes tertarik dengan modul laporan dinamis dan meminta untuk laporan dinamis agar bisa di agendakan pelatihan agar segera bisa diuji cobakan ke puskesmas di Kabupaten Majalengka.
Selain itu, pertemuan dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dalam agenda pembahasan profil kesehatan. Dihadapkan dengan 33 PIC Sistem Informasi Kesehatan dari masing-masing Dinkes Kota/Kab, perwakilan Infokes mempresentasikan sistem benecial milik Infokes yakni ePuskesmas. Pertemuan tersebut disambut baik dan menghasilkan banyak respon positif yang berimbas pada bergabungnya Dinkes-Dinkes disana untuk segera memakai ePuskesmas dengan kebutuhannya masing-masing.
Hal yang sama terjadi pada pertemuan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang. Bertemu dengan Kabag program informasi, Perwakilan Infokes memaparkan sistem ePuskesmas dan berlanjut pada diskusi. Pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang tertarik dan akan segera menggunakan ePuskesmas ini. Pula menunggu agenda berikutnya untuk merealisasikan sistem tersebut.
ePuskesmas sendiri merupakan sistem aplikasi pelayanan pasien puskesmas yang memiliki system cloud computing. Sehingga ePuskesmas mampu diakses di beragam perangkat bermodalkan akses internet.
APLIKASI INI JUGA SUDAH MAMPU TERINTEGRASI DENGAN BERAGAM APLIKASI DARI KEMENTRIAN KESEHATAN TERMASUK PCARE DARI BPJS, DAN TENTUNYA SUDAH TERJAMIN SECARA KEAMANAN DATA.
Infokes, dari awal tahun 2023 rutin mengunjungi beberapa wilayah di luar pulau Jawa dengan tujuan mengembangkan kualitas pelayanan di unit-unit kesehatan masyarakat. Selain aplikasi ePuskesmas, Infokes juga memiliki aplikasi benefical lainnya yang dapat turut berkontribusi dalam lingkup pelayanan kesehatan.
Salah satu perwakilan Infokes, Andri. Mengemukakan kesannya, menurutnya kini semakin banyak Unit Kesehatan Masyarakat yang mulai aware mengenai SIK ini. Tentu saja Infokes akan menjadi partner yang membantu pihak tersebut dalam mengimplementasikan pelayanan kesehatan masyarakat yang efektif.
Andri berharap sistem-sistem Infokes dapat segera diimplementasikan dan aplikasikan agar pelayanan kesehatan masyarakat basis digital di Indonesia bisa semakin maju.
Aru/