Evaluasi penggunaan eAntrian dan Penggunaan Mesin kIOSK

Infokes Gencarkan eAntrian dan Penggunaan Mesin KIOSK

Infokes, dalam rangka pengembangan efektivitas dan kualitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Datangi Puskesmas yang berada di Kabupaten Bekasi, guna pelatihan serta pendampingan aplikasi eAntrian.

Infokes Gencarkan eAntrian dan Penggunaan Mesin KIOSK

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Puskesmas Jatimulya Kabupaten Bekasi terhitung dua hari sejak Hari Selasa (2/5/2023). Puskesmas tersebut merupakan salah satu klinik unit kesehatan masyarakat yang kedatangan oleh petugas Infokes setelah sebelumnya ada komunikasi untuk pemakaian aplikasi eAntrian.

Infokes Gencarkan eAntrian dan Penggunaan Mesin KIOSK
Sosialisasi penggunaan eAntrian dan Penggunaan Mesin kIOSK

eAntrian merupakan manajemen antrian yang dapat membantu unit kesehatan masyarakat. Seperti rumah sakit, klinik, puskesmas, dan lain-lain,agar dapat memudahkan aktivitas registrasi pasien. eAntrian dalam praktiknya nanti akan tertera pada mesin anjungan produk infokes yang dinamakan KIOSK dan Mini KIOSK.

Evaluasi penggunaan eAntrian dan Penggunaan Mesin kIOSK
Pemasangan LCD TV di Puskesmas Jatimulya Kabupaten Bekasi untuk menampilkan nomor urut pasien terkini

Selanjutnya, eAntrian juga dapat membantu meminimalisir antrian pasien di loket pendaftaran. Pasien yang berkunjung dapat langsung daftar ke poli secara langsung dengan menggunakan aplikasi eAntrian dengan mesin anjungan: KIOSK hanya dengan scan kartu asuransi ataupun kartu berobat pasien.

“Dengan adanya mesin tersebut, baik petugas kesehatan di Puskesmas Jatimulya maupun pasien dapat mengakses aplikasi eAntrian dengan mudah serta melakukan aktivitas registrasi pengobatan secara cepat,” ujar Taufiq, petugas Infokes yang bertugas.

Saat pelaksanaannya, Kepala Puskesmas beserta petugas sangat antusias dalam agenda tersebut, ditambah puskesmas memiliki perangkat dan jaringan yang mumpuni membuat pendampingan berjalan lancar. Kegiatan tersebut berjalan dua hari meliputi sosialisasi, pelatihan, pendampingan, evaluasi dan pemasangan mesin KIOSK yang sekaligus bisa langsung dioperasikan serta diaplikasikan kepada pasien di Puskesmas Jatimulya.

Evaluasi penggunaan eAntrian dan Penggunaan Mesin kIOSK
Pendampingan Penggunaan Mesin KIOSK
Selain itu, di tempat yang lain, eAntrian dengan mesin anjungannya sudah mulai marak digunakan.

Bersamaan dengan adanya kerja sama yang terjalin antara Infokes dan Puskesmas Jatimulya, eAntrian ini akan menjadi media yang baik untuk peningkatan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Aru/

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top