Infokes dalam rangka pengembangan kualitas pelayanan di unit kesehatan masyarakat, terbang menuju Kabupaten Bangka dan dua Kabupaten di Sumatera Utara. Mengirim dua perwakilan yang mulai bertugas pada hari Senin, (13/03/2023) dan berakhir pada hari Kamis, (16/03/2023)
Sistem Informasi Kesehatan memang wajib ikut serta dalam pelayanan kesehatan dari fasilitas kesehatan kepada masyarakat, apalagi setelah dikeluarkannya Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 tentang Rekam Medis.
Oleh karena itu perwakilan dari Infokes sejak awal 2023 sudah gencar-gencarnya memberikan pendampingan, pelatihan, dan sosialisasi mengenai sistem informasi kesehatan milik Infokes.
Pada agenda di Kabupaten Bangka, petugas Infokes penuhi kunjungan dengan mengadakan evaluasi laporan dinamis dan evaluasi aplikasi ePuskesmas. Mengingat Kabupaten Bangka adalah salah satu wilayah yang sudah lama menjalin kerja sama dengan Infokes dalam penggunaan aplikasi ePuskesmas. Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka pun lakukan evaluasi sekaligus menerima sosialisasi aplikasi eClinic untuk unit kesehatan masyarakat di Kabupaten Bangka.
Selanjutnya, dua Kabupaten di Sumatera Utara yakni Kabupaten Dairi dan Kabupaten Karo kedatangan petugas Infokes dalam rangka pemenuhan agenda pelatihan ePuskesmas. Pada kegiatan tersebut, Dinas Kesehatan dan BPJS Kabupaten Karo turut serta mengikuti pelatihan ePuskesmas dan mengapresiasi aplikasi milik Infokes tersebut karena dalam praktiknya, ePuskesmas telah membantu capaian-capaian target puskesmas di Kabupaten Karo.
Kemudian, hasil dari evaluasi tersebut membuat Infokes senantiasa semangat mengembangkan produk-produk yang ada. Bahkan selalu sedia dalam 24/7 untuk melayani setiap pengguna.
“Hasil evaluasi yang didapatkan ketika agenda di Kabupaten Karo menunjukkan bahwa sistem atau aplikasi ePuskesmas memiliki peran yang besar dalam pengembangan pelayanan kesehatan. Dan hal tersebut menjadi kabar serta angin segar bagi kami. Infokes akan selalu bersedai melayani penggunanya sehingga kualitas pelayanan kesehatan untuk masyarakat semakin terasa manfaatnya,” pungkas Andri Maulana, petugas Infokes.
Yang terakhir Andri berharap, penggunaan aplikasi Infokes baik itu ePuskesmas atau eClinic dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh unit kesehatan.
Aru/