Peluncuran SATUSEHAT oleh Kemenkes RI telah disambut baik oleh masyarakat untuk mewujudkan transformasi kesehatan di Indonesia. SATUSEHAT dapat menghubungkan berbagai platform aplikasi yang beragam pada berbagai fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit swasta, rumah sakit pemerintah, puskesmas, klinik, apotek, laboratorium dan pelaku industri kesehatan. Melalui SATUSEHAT, pertukaran data kesehatan terutama rekam medis pasien di Indonesia akan menjadi lebih efektif, efisien, serta lebih menguntungkan pasien maupun fasyankes termasuk klinik.
Kewajiban Klinik terkait SATUSEHAT
Berdasarkan Permenkes No. 24 tahun 2022, setiap fasilitas pelayanan kesehatan—termasuk klinik—wajib mendukung dan menyelenggarakan rekam medis elektronik. Pencatatan rekam medis elektronik ini selanjutnya akan terdaftar dalam platform SATUSEHAT sehingga memungkinkan rekam medis untuk diakses dari satu fasilitas kesehatan ke fasilitas kesehatan lainnya. Setiap fasilitas kesehatan, wajib menerapkan rekam medis elektronik paling lambat 31 Desember 2023. Menanggapi hal tersebut, Klinik dapat segera menyediakan rekam medis elektronik melalui eClinic, Sistem Informasi Manajemen (SIM) Klinik yang sudah memenuhi standar dan terintegrasi dengan SATUSEHAT.
Mengecek Penyedia Sistem Rekam Medis Elektronik yang Terintegrasi dengan SATUSEHAT
Sebelum memilih SIM Klinik, Anda perlu pastikan perusahaan tersebut terdaftar sebagai “Penyedia Sistem RME” yang sudah terintegrasi dengan SATUSEHAT Kemenkes. Pengecekan tersebut dapat dilakukan dengan cara berikut:
- Buka Daftar Perusahaan Penyedia Sistem RME pada website SATUSEHAT (https://satusehat.kemkes.go.id/platform/system-rme-list).
- Masukkan nama perusahaan penyedia RME (nama SIM Klinik) pada kolom “Cari Institusi”.
- Jika perusahaan sudah terdaftar, maka nama perusahaan akan muncul di bawah kolom pencarian seperti pada gambar berikut.
Langkah Integrasi RME Klinik Anda dengan SATUSEHAT
Klinik Anda dapat menyelenggarakan rekam medis elektronik melalui penggunaan SIM klinik yang terintegrasi dengan SATUSEHAT. Hal tersebut dapat tercapai melalui penggunaan eClinic, penyedia sistem informasi nanajemen klinik yang juga telah terintegrasi dengan BPJS. Penggunaan eClinic mampu membantu klinik Anda dalam proses integrasi dengan SATUSEHAT.
Berikut langkah integrasi rekam medis klinik dengan SATUSEHAT:
- Klinik menghubungi tim sales eClinic melalui WhatsApp atau dengan mengisi form pada laman eclinic.id.
- Tim Sales eClinic melakukan penilaian kebutuhan klinik yang kemudian akan dilanjutkan dengan proses meeting demo sistem eClinic.
- Jika klinik Anda memutuskan untuk berlangganan sistem eClinic maka tim eClinic akan membantu dalam pembuatan akun klinik yang terintegrasi dengan SATUSEHAT.
- Jika klinik Anda sudah berlangganan sistem eClinic, Anda dapat menghubungi tim kami dapat untuk meminta pelatihan atau bantuan integrasi dengan SATUSEHAT.
Pastikan klinik Anda sudah melakukan registrasi fasyankes dan memiliki kode fasilitas kesehatan (wajib dalam proses integrasi dengan SATUSEHAT).
Berbagai Manfaat Penggunaan SIM Klinik
Singkatnya, SIM Klinik adalah software atau aplikasi yang membantu proses pengelolaan klinik kesehatan. Beberapa fitur umumnya meliputi:
- Booking Online. Pasien Anda dapat memesan dan menghadiri janji temu secara online.
- Rekam Medis Elektronik. Pasien Anda dapat mengakses catatan kesehatan mereka secara digital.
- Dashboard Pelaporan & Analitik. Anda dapat melacak performa klinik dan metrik layanan melalui satu dashboard.
Baca Juga: Infokes Sosialisasikan eClinic di FKTP Satkes Brimob Depok
Sebagai pelaku industri kesehatan, Anda perlu mengetahui manfaat yang didapatkan ketika menerapkan teknologi digital pada klinik Anda. Berikut manfaat penggunaan SIM Klinik bagi klinik:
- Akses dokumen digital secara real time pada masing-masing bagian di klinik yang akan menjadikan komunikasi menjadi lebih efisien, misalnya komunikasi antara dokter dan staf klinik ataupun dokter dengan pasien.
- Informasi dan data rekam medis di klinik Anda akan terintegrasi di dalam satu ruang penyimpanan. Hal ini akan memudahkan dalam pengelolaan data dan mempercepat waktu pelayanan kesehatan.
- Tugas administrasi menjadi lebih praktis. Teknologi akan membantu klinik Anda untuk mencatat sistem administrasi dalam bentuk digital.
- Antrian akan menjadi efisien dengan adanya sistem administrasi yang cepat yang juga akan mengurangi waktu tunggu pasien di klinik.
- Pekerjaan administratif di setiap bagian pelayanan menjadi lebih efisien karena beban kerja lebih rendah yang memungkinkan staf melayani lebih banyak pasien. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas klinik.
Gunakan eClinic Sekarang!
eClinic merupakan SIM Klinik terpercaya yang dapat membantu pengelolaan klinik Anda dengan berbagai keunggulan yang mendukung digitalisasi pada klinik Anda seperti: mendukung koneksi dengan aplikasi pasien, penggunaan rekam medis elektronik, dan terintegrasi dengan BPJS Kesehatan dan SATUSEHAT. Klik di sini untuk mencoba eClinic secara GRATIS.
Saya mau menggunakan aplikasi untuk di klinik Syafi Pratama wilayah Sungailiat kabupaten bangka