Infokes: Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas Berbasis Web

Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas Berbasis Web

Artikel ini akan membahas Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas Berbasis Web, sebuah solusi yang dirancang untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kesehatan di berbagai fasilitas kesehatan. Artikel ini juga akan membahas manfaat Sistem Informasi Kesehatan Puskesmas Berbasis Web, yang membantu pasien dalam administrasi dan pelayanan mereka.

Mengenal Apa itu Sistem Informasi Kesehatan 

Pelayanan kesehatan di Fasyankes berbasis digital menjadi topik yang diadopsi oleh pemerintah untuk peningkatan kualitas pelayanan pasien. Hal tersebut tertulis dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2014 tentang Sistem Informasi Kesehatan atau SIK. Dalam peraturan tersebut SIK diartikan sebagai seperangkat tatanan yang meliputi data, informasi, indikator, prosedur, perangkat, teknologi, dan sumber daya manusia yang saling berkaitan dan dikelola secara terpadu untuk mengarahkan tindakan atau keputusan yang berguna dalam mendukung pembangunan kesehatan. 

Informasi kesehatan yang termasuk dalam sistem tersebut diantaranya: 

  1. Informasi upaya kesehatan;
  2. Informasi penelitian dan pengembangan kesehatan;  
  3. Informasi pembiayaan kesehatan;
  4. Informasi sumber daya manusia kesehatan;
  5. Informasi sediaan farmasi, alat kesehatan, dan makanan;
  6. Informasi manajemen dan regulasi kesehatan; dan
  7. Informasi pemberdayaan masyarakat.
Tujuan Sistem Informasi Kesehatan
  • Menjamin ketersediaan, kualitas, dan akses terhadap Informasi Kesehatan yang bernilai pengetahuan serta dapat dipertanggungjawabkan;
  • Memberdayakan peran serta masyarakat, termasuk organisasi profesi dalam penyelenggaraan Sistem Informasi Kesehatan; dan
  • Mewujudkan penyelenggaraan Sistem Informasi Kesehatan dalam ruang lingkup sistem kesehatan nasional yang berdaya guna dan berhasil guna terutama melalui penguatan kerja sama, koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang berkesinambungan.
Manfaat Sistem Informasi Kesehatan 

Tujuan perancangan dan Implementasi SIK di Puskesmas dapat dirinci sebagai berikut: 

Efisiensi Waktu dan Biaya

Dengan menerapkan Sistem tersebut dapat membantu Puskesmas dalam pengelolaan administrasi. Aktivitas administrasi yang manual akan menjadi cepat dan pengeluaran untuk kebutuhan administrasi juga akan dapat dipangkas. Ini karena sistem Informasi Kesehatan memiliki fitur yang praktis dan efektif. 

Efisiensi Pelayanan Pasien

SIK memiliki fitur yang praktis dan cepat yang dapat membantu tenaga medis di Puskesmas dalam mengelola pelayanan pasien. Hal tersebut tentu saja dapat memberikan perbedaan yang signifikan baik itu dari waktu, biaya, dan kualitas. 

Efisiensi Pengelolaan Rekam Medis

Tenaga rekam medis di Puskesmas dapat dengan mudah mengakses rekam medis pasien. Hal ini karena SIK umumnya dilengkapi dengan rekam medis elektronik. Penerapan sistem tersebut memungkinkan puskesmas memiliki pengelolaan data kesehatan pasien yang baik dan terorganisir. 

ePuskesmas sebagai solusi penerapan Sistem Informasi Kesehatan 

Kini, banyak sekali perusahaan informasi teknologi yang menyediakan Sistem Informasi Kesehatan untuk digunakan oleh Fasyankes. Salah satu SIK terpadu yang dapat Anda gunakan adalah ePuskesmas by Infokes. ePuskesmas sendiri merupakan sistem aplikasi pelayanan pasien puskesmas yang memiliki system cloud computing. Sehingga ePuskesmas mampu diakses di beragam perangkat bermodalkan akses internet.

Sistem Informasi Kesehatan ePuskesmas dari Infokes menjadi salah satu sistem yang digencarkan ke Puskesmas-puskesmas yang ada di Indonesia. Pengimplementasian sistem tersebut menutur pada PERMENKES NO 24 mengenai kewajiban Fasyankes menggunakan Sistem Rekam Medis Elektronik.

Baca juga: Kompetensi Dasar Perekam Medis

Mengapa harus ePuskesmas?

ePuskesmas dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan Puskesmas dalam aspek sebagai berikut:

  • ePuskesmas menyediakan fitur rekam medis elektronik yang lengkap dan sesuai dengan standar, memudahkan tenaga kesehatan untuk menyimpan dan mengakses data dan informasi pasien dengan mudah dan cepat.
  • ePuskesmas dapat digunakan sebagai sistem pengelolaan data pasien yang terintegrasi, termasuk keakuratan identifikasi pasien dan aktivitas pemberian pengobatan yang aktual. 
  • ePuskesmas memiliki fitur antrean elektronik. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan oleh pasien untuk melakukan booking jadwal kunjungan secara online. 

Terapkan Sistem Informasi Kesehatan ePuskesmas untuk meningkatkan kualitas Puskesmas dengan mencoba demonya disini.

Aru/

Referensi:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top